Wednesday 27 April 2016

Contoh Proposal Business Plan



BUSINESS PLAN
“ADDAUW BAKERY”










Anggota Kelompok
1.      Avinda Goldea R      (13080694018)
2.      Sabda Alam F            (13080694022)
3.      Dini Desryadi R         (13080694026)
4.      Laxmana Indra         (13080694036)
5.      Viny Hazar S             (13080694088)
6.      Ardina Rosalita         (13080694100)


S1 AKUNTANSI 2013 B
FAKULTAS EKONOMI
UNIVERSITAS NEGERI SUARABAYA
2015/2016
RINGKASAN EKSEKUTIF
Addaw Bakery adalah perusahaan manufaktur yang bergerak di bidang penjualan “Kue dan Minuman”. Addaw Bakery mempunyai empat produk yang ditawarkan kepada pelanggan, yaitu : Gemes Cake, Surpise Candy, C N Doll Ice, dan CJ Ice. Produk unggulan Addaw Bakery yaitu Gemes Cake, Gemes Cake adalah Kue empuk yang berbentuk bulan dengan ukuran mini kurang lebih 4cm dengan warna dan sensasi rasa yang berbeda karena setiap beda warna juga beda rasa.
Sasaran pemasaran kami untuk semua kalangan dari kelas menengah kebawah sampai kelas atas, tetapi sasaran umum kami yaitu para mahasiswa, karena dengan rasa yang bikin nagih tapi ringan dikantong ini biasanya banyak dicari oleh para mahasiswa. Pemasaran kami dengan cara berjualan keliling sewaktu-waktu di area kampus di UNESA Ketintang atau Lidah, cara lain yaitu dengan mengikuti event-event membuka stand booth yang diadakan diarea kampus maupun diluar kampus yang masih bisa kami jangkau, selain itu kita juga mempunyai cara pemasaran berupa pemesanan via online, sekarang lagi booming pemasaran via instagram. Strategi pemasaran ini menambah jaringan pelanggan sehingga bisa membuatan Addaw Bakery semakin berkembang.
Persaingan bisnis kuliner di pasaran memang sangat banyak tetapi Addaw Bakery menciptakan inovasi yang baru didunia kuliner, banyak penjual makanan dan minuman yang ada di pasaran tetapi hanya sedikit dari mereka yang meperhatikan cita rasa nya justru mereka memperhatikan tambilan luar yang membuat pelanggan tertarik sehingga banyak pelanggan yang hanya mencoba karena tampilan luar produk tersebut menarik tapi merasa kecewa atau tidak puas dengan rasanya. Maka dari itu cita rasa yang tinggi dan kepercayaan pelanggan adalah menjadi prioritas utama bagi Addaw Bakery.
Pengembangan awal Addaw Bakery ini dengan cara kita langsung berjualan keliling area kampus karena dengan cara ini kita secara tidak langsung menumbuhkan ke puasan dan kepercayaan kepada pelanggan, seiring dengan berjalannya waktu kami jual menerima pesanan melalui online yang langsung bisa menghubungi para owner Addaw Bakery, setelah mencapai target di tahap pertama kita meningkatkan perkembangan bisnis ini dengan cara membuka stand booth di event-event kampus ataupun diluar kampus yang ada diwilayah Kota Surabaya.
LATAR BELAKANG
Dari permasalahan yang ada saat ini maka sangat cocok dan potensial bila kami mendirikan usaha jualan kue cubit, dimana dari segi rasa memenuhi konsumen yaitu enak dan sesuai selera konsumen, dari segi gizi yang didapat dari tepung, susu dan butter yang mengandung karbohidrat, protein dll. Dari segi harga kue cubit terbilang mudah dijangkau oleh semua lapisan masyarakat. Dengan factor produksi yang relative murah dan terjangkau serta mudah didapat. kami yakin usaha “Addauw Bakery” yang kami lakukan ini memiliki berbagai aspek yang dapat menguntungkan, bagi pribadi maupun orang lain.
Dalam usaha ini, kami melakukan sebuah inovasi baru yang lain dari kue cubit yang biasanya memiliki rasa manis, menjadi kue cubit yang memiliki rasa gurih, seperti misalnya rasa pizza dan smooked beef. Dari rasa yang lezat, tekstur kue yang lembut, dan berbagai topping yang menggugah selera dirasa akan mencuri perhatian konsumen untuk mencicipi kue cubit yang akan kami pasarkan.
DESKRIPSI PRODUK
Addauw Bakery mempunyai empat macam menu yang dijual, seperti gemes cakes, surprise candy, C N Doll ice, dan CJ ice. Dari semua produk yang kami jual merupakan inovasi untuk memperluas dunia kuliner dengan rasa dan tampilan yang berbeda, dengan menggunakan motto “ADDAUW NYUBITIN RASA NAGIHIN“. Motto ini bermakna bahwa pruduk yang kami jual dengan tampilan yang imut tetapi mempunyai rasa yang enak dan nagihin. Kami percaya bahwa produk yang kami jual mempunyai rasa yang tidak kalah dengan produk yang telah ada dipasaran.
            Mascot dari produk kami yaitu gemes cakes, gemes cake adalah kue cubit asal kota Bandung, dengan ukuran yang mini sehingga melihatkan bentuk yang mungil, gemes cake ini menggunakan bahan dasar tepung terigu, telur, gula dan susu, agar melihatkan bentuk yang mungil kami menggunakan cetakan bulat terbuat dari baja dengan ukuran 4cm. Untuk membedakan kue cubit dengan gemes cakes dari varian rasanya, pada umumnya kue cubit mempunya varian rasa manis tapi gemes cake mempunyai rasa manis legit dan rasa gurih. Addaw Bakery mempunya empat macam varian rasanya, yaitu original, matcha, pizza, dan smooked beef. Rasa original mempunyai rasa khas yang manis legit tetapi tidak bikin enek. Rasa matcha merupakan rasa teh hijau yang manis serta mempunyai aroma teh hijau yang bisa membuat rilex. Dua varian sebelumnya merupakan varian rasa yang manis. Sedangkan dua varian rasa berikut ini merupakan rasa yang gurih. Rasa Pizza merupakan cake mungil yang empuk dan sensasi pizza yang tidak kalah rasanya dengan pizza besar umumnya karena ada saus dan mayonise yang mendukung rasa pizza terebut. Yang terakhir yaitu rasa smooked beef merupakan kue mungil yang mempunyai perpaduan rasa manis dan gurih dari daging panggang, yang juga didukung dari segi saus dan topping yang kami sediakan. Gemes cake juga bisa disajikan matang dan setengah matang, untuk yang setengah matang kita mempunyai topping keju, coco chip, kitkat, chacha, dan sprinkle untuk yang varian rasa manis sedangkan untuk varian rasa gurih kita mempunyai topping keju, sosis ayam, smooked beef, dan abon sapi. Untuk yang disajikan matang kami menawarkan menggunakan berbagai saus, untuk varian rasa manis kami menyedikan saus vla rasa vanilla, sedangkan untuk varian rasa gurih kami menyediakan saus mayonise, saus sambal dan saus tomat. Gemes cake lebih enak disajikan dalam keadaan panas jika sudah dingin bisa dipanaskan lagi ke dalam magic com atau microwife.
            Menu cake kedua kami yaitu surprise candy, surprise candy merupakan kue berbentuk bulat dan menggunakan stik atau tongkat seperti permen lollipop, surprise candy mempunyai teksture lembut dengan isi keju, marsmellow, pisang dan strawberry. Surprise candy jauhkan dari suhu panas karena akan mudah meleleh, bahan pelapis dari surprise candy terbuat dari dark chocolate campuran biscuit dan white chocolate. Pendinginan surprise candy juga menyebabkan embun yang keluar ketika dibawa keluar dari lemari es. Surprise candy ini bisa bertahan 7-9 hari di suhu freezer. Kemasan luar surprise candy sangat menarik dengan di balut cokelat biscuit dan mises yang warna warni sesuai isi didalam surprise candy.
            Kami mempunyai dua menu minuman yaitu C N Doll ice dan CJ ice, C N Doll ice adalah inovasi baru dari es cendol, biasanya es cendol disajikan dengan santan dan hanya terdapat satu warna saji dengan pandan tetapi C N Doll ini memiliki tiga warna cendol dan tiga rasa cendol, setiap warna memiliki rasa yang berbeda. Selain itu es cendol disajikan dengan menggunakan santai kelapa tetapi kami membuat inovasi dengan menggunakan susu. Es cendol berbahan dasar tepung beras dan tepung sagu dengan mempunyai warna merah, kuning, dan hijau serta mempunyai varian rasa bubble gum, strawberry, dan pisang. C N Doll dicetak dengan saringan khusus untuk cetakan cendol dan bawahnya diberi es baru  agar berbentuk lonjong.
            Menu minuman kedua kami yaitu CJ ice, CJ ice (Cendol Jelly Ice) merupakan menu inovasi dari cendol yang terbuat dari tepung beras. Cendol yang biasanya terbuat dari tepung beras kami rubah dengan cendol yang terbuat dari agar – agar. Dan cendol yang biasanya disajikan dengan gula merah dan santan kepala, kami rubah dengan menyajikannya bersama soda, susu coklat kental manis, dan sirup cocopandan. Selain tampilannya yang modern CJ Ice juga merupakan minuman dengan rasa yang segar dan modern. Agar – agar nantinya akan diserut untuk dapat menyerupai cendol yang sebenarnya hanya saja bahan pembuatannya berbeda dengan cendol pada umumnya.
ANALISIS PASAR
Target Pemasaran :
Produk Addauw Bakery dapat ditujukan untuk semua segmen pasar. Karena produk ini dapat dikonsumsi oleh seluruh kalangan. Namun, berdasarkan karakteristik produk, target pasar yang lebih di bidik adalah remaja hingga dewasa yang menyukai kue yang manis dan gurih serta tampilan yang menarik.

Sistem Pemasaran :
Dengan sistem pemasaran secara langsung dan online, serta memberikan jasa delivery order untuk pembelian dalam jumlah tertentu dan pada daerah ketintang sebagai salah satu cara untuk menarik konsumen.

            Analisis SWOT
1.      Strenght atau Kekuatan
Kekuatan dari bisnis yang kami buat yaitu terletak pada inovasi dan konsep dari bisnis ini. Konsep ini ditunjukkan oleh nama bisnis kami yaitu “addauw cake”. Serta inovasi yang dilakukan yaitu dengan memberikan rasa dan toping yang baru dan belum pernah ada sebelumnya.
2.      Weakness atau Kelemahan
Kelemahan dari bisnis yaitu dalam hal pembuatan dan melakukan beberapa inovasi dengan menambahkan hal – hal yang baru.
3.      Opportunity atau Peluang
Peluang yang ada dalam bisnis ini adalah karena cake yang kami buat saat ini lagi banyak diminati oleh konsumen. Konsumen yang kami maksud yaitu kalangan remaja.
4.      Threats atau Ancaman
Pada bisnis yang kami buat ini banyak sekali ancaman dari berbagai pihak. Ancaman tersebut seperti menyamai produk yang akan kita buat ini.
PERENCANAAN PRODUKSI DAN OPERASIONAL
1.      Gemes Cakes
Bahan – Bahan:
·         Bahan Cakes :
Tepung Kunci Biru                                         125 gram
Telur                                                                2 butir
Gula pasir                                                        100 gram
Garam                                                             ¼ sdt
Margarin                                                          2 sdm
Soda kue                                                         ¼ sdt
Baking powder                                               ½ sdt
Susu Bubuk                                                     2 sachet
Butter                                                              1 sdm
Air mineral                                                      50 cc
Pewarna Makanan                                           secukupnya
Perasa                                                              secukupnya
·         Bahan Vla :
Susu cair                                                          350 ml
Gula pasir                                                        75 gram
Tepung maizena                                              secukupnya
Garam                                                             ¼ sdt
Kuning telur                                                    1 butir
Mentega                                                          ½ sdm
Rhum                                                              secukupnya
·         Topping :
Keju                                                    Sosis Ayam
Choco Chip                                         Smooked Beef
Sprinkle                                               Abon Sapi
Kit Kat                                                            Jagung Mayo
Chaca
·         Saos
Vla                                                      Mayonais
Saos Sambal                                        Saos Tomat
Cara Membuat
·         Cakes
Ø  Masukkan 2 butir telur pada mangkok besar, kemudian tambahkan gula, ratakan menggunakan mixer sampai mengembang.
Ø  Setelah mengembang masukkan tepung terigu sedikit demi sedikit sambil terus mengaduk hingga rata.
Ø  Tambahkan air  kedalam adonan, aduk hingga merata. Masukkan margarin, butter, dan susu kental manis. Aduk kembali hingga rata dan diamkan selama 1 jam.
Ø  Setelah 1 jam masukkan garam, soda kue, dan baking powder. Ratakan kembali menggunakan mixer selama 10 menit.
Ø  Tuangkan kedalam gelas takar dan tambahkan pewarna serta perasa.
Ø  Tuangkan adonan kedalam cetakan yang telah di beri margarin dan di panaskan, tambahkan topping sesuai pesanan lalu tutup dan masak menggunakan api kecil.
Ø  Setelah matang angkat dan sajikan dalam keadaan hangat serta dapat di tambahkan saos sesuai pesanan.

·         Vla
Ø  Rebus susu, gula, tepung maizena, dan garam. Aduk terus hingga meletup – letup.
Ø  Tuangkan 3 sdm adonan ke dalam kuning telur yang telah di kocok.
Ø  Tuang kembali ke dalam adonan dan aduk lagi hingga meletup – letup
Ø  Angkat dan tambahkan mentega cair, setelah dingin tambahkan rhum
Ø  Setelah cakes matang vla dapat di tamabahkan di atas cakes sesuai permintaan
2.      Surprise Candy
Bahan – bahan      :
·         Cakes  :
Ø  Tepung kunci biru                                           150 gram
Ø  Esensi vanili                                                    ½ sdt
Ø  Soda kue                                                         ½ sdt
Ø  Baking powder                                               ½ sdt
Ø  Telur                                                                6 butir
Ø  Gula pasir                                                        200 gram
Ø  Garam                                                             ½ sdt
Ø  Margarin                                                          1 sdm
·         Pelapis :
Coklat             :
Ø  Cocoa powder                                                 180 gram
Ø  Gula pasir                                                        350 gram
Ø  Biscuit                                                             15 keping
Ø  Air                                                                   secukupnya
Vanila            :
Ø  Coklat putih batang                                       125 gram
Ø  Susu cair                                                        250 ml
·         Bahan lain – lain         :
Pisang                                                  Biskuit
Strawberry                                          Mises Warna
Marsmellow
keju
Cara membuat       :
·         Cakes  :
Ø  Masukkan gula dan telur ke dalam mangkok besar, aduk hingga rata mixer.
Ø  Masukkan tepung dan aduk hingga rata. Setelah rata masukkan vanili, soda kue, baking powder, dan garam. Aduk kembali hingga rata dan mengembang.
Ø  Tambahkan margarin dan aduk hingga rata.
Ø  Oles Loyang dengan margarin serta panaskan kukusan.
Ø  Tuang adonan ke dalam Loyang dan masak selama 40 menit.
Ø  Setelah matang dan dingin hancurkan cakes hingga menjadi remahan kecil – kecil
Ø  Tambahkan margarin cair kedalam remahan cakes hingga cakes dapat di bentuk bulat
Ø  Potong – potong isi sesuai keinginan. Tancapkan 1 potong isi pada stick candy
Ø  Lalu balut dengan cakes dan bentuk menjadi bulat.
·         Pelapis             :
Coklat             :
Ø  Masukkan cocoa poder, air, margarin dan gula ke dalam panic aduk hingga rata dan tidak ada yang menggumpal.
Ø  Panaskan panci dengan api sedang hingga meletup – letup
Ø  Angkat dan tunggu hingga menjadi hangat, lalu campurkan biscuit yang telah di hancurkan. Aduk hingga rata.
Ø  Ambil 1 stick cakes dan celupkan pada coklat dan tunggu hingga coklat mengeras lalu masukkan ke dalam plastic candy yang telah di sediakan dan ikat plastic menggunakan pita berwarna.
Coklat Putih                :
Ø  Rebus susu cair dengan api sedang hingga mendidih.
Ø  Setelah mendidih campurkan coklat putih yang telah di iris kecil – kecil. Aduk hingga rata selagi susu masih panas.
Ø  Ambil 1 stick cakes dan celupkan pada coklat putih dan tunggu hingga coklat putih mengeras lalu masukkan ke dalam plastic candy yang telah di sediakan dan ikat plastic menggunakan pita berwarna.
3.      CNDoll Ice
Bahan – bahan      :
Ø  Susu                                                                200 ml
Ø  Gula merah                                                      ¼ kg
Ø  Tepung beras                                                   100 gram
Ø  Tepung sagu                                                    50 gram
Ø  Air                                                                   350 ml
Ø  Garam                                                             ½ sdt
Ø  Air apu                                                            3 sdm
Ø   Perasa                                                             secukupnya
Ø  Pewarna                                                          secukupnya
Ø  Gula                                                                150 gram
Ø  Daun pandan                                                   2 buah


Cara membuat       :
Ø  Masukkan tepung sagu, tepung beras, garam, gula, perasa, pewarna dan air. Aduk hingga rata dan tidak ada yang menggumpal
Ø  Panaskan di atas kompor dengan api sedang, aduk terus hingga agar tidak menggumpal dan terus tambahkan air sedikit demi sedikit hingga warna adonan menjadi terang.
Ø  Setelah adonan berubah warna menjadi terang, angkat dan tuangkan adonan ke dalam saringan cendol.
Ø  Siapkan air dingin dan es batu ke dalam baskom taruh cetakan di atas baskom dan tekan – tekan adonan hingga keluar dan masuk ke dalam air es. Lakukan hingga adonan habis.
Ø  Panaskan gula merah yang telah di serut dengan air dan daun pandan hingga matang dan mengental.
Ø  Setelah seluruhnya dingin masukkan cendol, gula merah cair, dan susu putih ke dalam gelas.
Ø  Sajikan dalam keadaan dingin
Ø  Cukup untuk 20 gelas
4.      CJ Ice
Bahan – bahan      :
Ø  Agar – agar                                                     1 bungkus
Ø  Susu coklat                                                      secukupnya
Ø  Soda                                                                1 botol
Ø  Sirup cocpandan                                             secukupnya
Cara membuat       :
Ø  Masukkan agar – agar kedalam panic, tambahkan 900 ml air dan 6 sendok gula pasir. Aduk hingga rata dan tidak ada yang menggumpal
Ø  Panaskan agar – agar dengan api sedang, aduk agar tidak menggumpal.
Ø  Setelah masak, tuang agar – agar ke dalam loyang datar. Setelah agar – agar dingin dan padat, serut agar – agar sebesar batang korek
Ø  Masukka agar – agar yang telah di serut ke dalam gelas tambahkan susu coklat, sirup dan soda. Serta beri es batu
Ø  Cocok di sajikan saat dingin
MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA (SDM)
Avinda Goldea R
Bagian pengadaan dan pembelian bahan baku untuk produksi dan membantu proses produksi
Sabda Alam F
Bagian pengadaan dan pembelian bahan baku untuk produksi dan membantu proses produksi
Dini Desryadi R
Bagian Penjualan produk pada saat event dan hari biasa dan membantu proses produksi
Laxmana Indra
Bagian Penjualan produk pada saat event dan hari biasa dan membantu proses produksi
Viny Hazar Silvian
Bagian produksi semua menu Addauw Bakery
Ardina Rosalita
Bagian produksi semua menu Addauw Bakery



ANALISIS KEUANGAN
ANGGARAN BISNIS


Nama Barang
Quantity
Harga

1. Peralatan

Kompor
1
 Rp           300,000

LPG
1
 Rp             50,000

Panci
2
 Rp             50,000

Panci Kukus
1
 Rp           100,000

Cetakan Kue
2
 Rp           150,000

Pisau
2
 Rp             25,000

Talenan
2
 Rp             30,000

Loyang kue
1
 Rp             25,000

Centong kayu
1
 Rp             10,000

Baskom
3
 Rp             15,000

Tabulator
1
 Rp           100,000

Mixer
1
 Rp           200,000

Gelas takar
5
 Rp             75,000

Timbangan kue
1
 Rp             50,000

Termos
1
 Rp           100,000

Sendok tea
6
 Rp             30,000

Sendok kayu kecil
100
 Rp             75,000

Mika
100
 Rp           300,000

Topples
12
 Rp             40,000

Sumpit
6
 Rp             20,000

Tempat saus
4
 Rp             50,000

Gelas Es
50
 Rp             15,000

Sedotan
50
 Rp             15,000

Stick candy
100
 Rp             70,000

Pita 1 cm
4 roll
 Rp             50,000

Stiker 5 X 3
100 lbr
 Rp             60,000

Plastik candy
100
 Rp             20,000

Papan menu
1
 Rp           150,000

Brosur
200 lbr
 Rp           100,000

Kresek bening kecil
100
 Rp             15,000

Kresek bening sedang
100
 Rp             25,000

Meja kayu
2
 Rp           500,000

Rumput plastik, Vas Bunga Besar, Vas Bunga Kecil, Bunga
1
 Rp           200,000

Bendera Bakery
1
 Rp             60,000

Sarung tangan plastik
1 box
 Rp             30,000

Pompa air galon
1
 Rp             30,000

Ceret
1
 Rp             20,000

Banana Slicer
1
 Rp             30,000

Nampan
2
 Rp             30,000

Cooling pad
1
 Rp           300,000



 Rp       3,515,000

2. Bahan - Bahan

Susu bubuk
1 kg
 Rp             50,000

Saos (sambel+tomat)
2 kg
 Rp             50,000

Swallow
12
 Rp             50,000

Rhum
3 btl
 Rp             40,000

Mayonais
1 kg
 Rp             40,000

Telur
1 kg
 Rp             40,000

Strawberry
28 buah
 Rp             15,000

Smooked beef
20 pcs
 Rp             20,000

Pisang Sunrise
6 buah
 Rp             20,000

Keju Procheese Gold Ceddar
1
 Rp             15,000

Sirup ABC cocopandan
1 btl
 Rp             20,000

Choco chip
1 kg
 Rp             25,000

Cocoa powder
1 kg
 Rp             40,000

Cholatta white
1 kg
 Rp             60,000

Tepung sagu
1 kg
 Rp             15,000

Perasa Bubble gum 25 ml
1 btl
 Rp             15,000

Perasa Pizza Tufie 25 ml
1 btl
 Rp             20,000

Perasa Smooked beef 25 ml
1 btl
 Rp             20,000

Perasa Greentea 25 ml
1 btl
 Rp             15,000

Perasa Strawberry 25 ml
1 btl
 Rp             15,000

Perasa Pisang 25 ml
1 btl
 Rp             15,000

Soda kue
1 btl
 Rp               5,000

Baking Powder
1 btl
 Rp               6,000

Vanili
1 btl
 Rp               6,000

Tepung beras
1/2 kg
 Rp               8,000

Gula Pasir
1 kg
 Rp             14,000

Margarin
1/2 kg
 Rp               6,000

Butter
1/4 kg
 Rp               5,000

Tepung Terigu
1 kg
 Rp             10,000

Susu kental manis kaleng
2 kaleng
 Rp             30,000

Sprinkle

 Rp             10,000

Chaca

 Rp             20,000

Kit kat

 Rp             10,000

Abon
1/2 kg
 Rp             50,000

Jagung manis

 Rp             10,000

Gula merah
1 kg
 Rp             15,000

Soda F&N
16 btl
 Rp             48,000

Sosis ayam

 Rp             26,000

Marsmellow
20 buah
 Rp             30,000

Biskuit

 Rp             25,000

Mises warna merah muda

 Rp             10,000

Mises warna kuning

 Rp             10,000

Mises warna ungu

 Rp             10,000

Mises warna merah/biru

 Rp             10,000



 Rp          974,000

3. Biaya Lain - Lain

 Rp          511,000





Total

 Rp       5,000,000




PROGRES REPORT
1.      Laporan Keuangan
Modal Awal


 Rp 600,000
Dikurangi :



Tepung
3 kg
 Rp   30,000

Telur
2 kg
 Rp   34,000

Mentega
2 kg
 Rp   32,000

Butter
1 kg
 Rp   20,000

Susu Bubuk
50 Sachet
 Rp 145,000

Gula
2,5 kg
 Rp   30,000

Baking powder
1 botol
 Rp     7,500

Soda Kue
1 botol
 Rp     6,000

Pewarna makanan
3 botol
 Rp   13,500

Perasa makanan (Manis)
2 botol
 Rp   30,000

Perasa makanan (Gurih)
2 botol
 Rp   40,000

Mika
100 pcs
 Rp   17,000

Kantong Plastik
50 pcs
 Rp     4,500

Sendok
100 pcs
 Rp   12,000

Garam
1 Sachet
 Rp     5,000

Tepung Maizena
1 Kardus
 Rp     6,000

Rhum
3 botol
 Rp   35,000

Keju
1 Box
 Rp   14,000

Choco Chip
1 ons
 Rp     5,500

Rainbow Chip
1 ons
 Rp     5,500

Chaca
1 Bungkus
 Rp     4,200

Kitkat
2 Bungkus
 Rp   19,000

Sosis
1 toples
 Rp   25,000

Saos Sambal
1 kg
 Rp   14,000

Saos Tomat
1 kg
 Rp   14,000

Mayonais
1 kg
 Rp   30,000




 Rp 598,700
Sisa Modal


 Rp     1,300


Pengeluaran


 Rp 598,700
Pemasukan :



1 Porsi
22-10-2015
 Rp   10,000

11 Porsi
28-10-2015
 Rp 110,000

12 Porsi
29-10-2015
 Rp 120,000

12 Porsi
2/11/2015
 Rp 120,000

Total






 Rp 360,000
Rugi


(Rp 238,700)

Sampai saat ini bisnis kami memang belum mendapatkan untung tetapi jika dilihat dari pemasukan diatas kami yakin jika bisnis kami akan segera dapat balik modal kurang dari 2 bulan.
2.      Report Pasar
Pada saat kami membagikan sampel produk kepada teman-teman sekelas tanggapan mereka sangat memuaskan. Banyak yang mengatakan bahwa produk kami enak dan banyak yang memberi masukan lagi agar produk kami dapat lebih diterima oleh masyarakat luas. Setelah memberikan sampel produk kami memutuskan untuk menjual produk kami dengan cara memasarkannya melalui social media. Penjualan kami juga semakin meningkat dari penjualan awal hingga penjualan akhir. Tanggapan pembelipun juga sangat baik, pembeli juga selalu memberi masukan kepada kami untuk inovasi produk kami.
Dari dua rasa yang kami tawarkan yaitu manis dan gurih, banyak pembeli yang penasaran dan membeli rasa gurih karena yang ada selama ini hanya rasa manis saja. Menurut pembeli rasa gurih yang kami tawarkan rasanya tidak kalah enak dengan rasa manis. Sedangkan untuk rasa manis yang kami tawarkan pembeli mengatakan bahwa produk kami tidak berasa tepung dan telur melainkan produk kami terasa legit walaupun ½ matang.
Kami juga memiliki rencana untuk membuat stand untuk berjualan. Saat ini kami masih melakukan survey stand yang dapat memberikan keuntungan penjualan pada produk kami juga untuk memenuhi target penjualan sehari sebesar 20 porsi dengan harga Rp 15.000 dari harga jual yang kami tawarkan saat ini adalah Rp 10.000 per porsi.
3.      Kekurangan Produk
Kekurangan dari produk kami adalah pada topping yang kami tawarkan. Dari topping manis kami menawarkan keju, chacha, choco chip, rainbow chip, dan kit kat. Sedangkan untuk yang gurih kami menawarkan topping keju, sosis, beef, jagung mayo, dan abon tetapi sampai saat ini topping gurih yang kami tawarkan masih sosis dan keju saja. Dan topping kita masih hanya terbatas pada apa yang kami tawarkan saja tidak seperti yang ada diluaran yang memiliki banyak pilihan topping manis. Produk kami juga tidak dapat bertahan lebih dari sehari.
4.      Kelebihan Produk
Kelebihan produk kami yaitu rasa manis pada produk kami pas dan terasa lebih legit dari produk yang sama yang telah ada. Pembeli juga mengatakan bahwa produk kami tidak berbau ataupun berasa amis telur walaupun produk kami hanya dimasak ½ matang saja. Harga yang kami tawarkan juga cukup terjangkau dengan pilihan dapat memilih sendir flavor, topping, dan saus apa yang yang diinginkan oleh pembeli. Ukuran produk kami lebih mengembangan dari produk lain yang sejenis sehingga produk kami terlihat lebih besar dan empuk.

No comments:

Post a Comment