Saturday 7 May 2016

ISA 530



ISA 530
            Alinea 6:
Ketika merancang sampel audit, auditor wajib mempertimbangkan prosedur audit dan karakteristik populasi dari mana sampel akan diambil
            Alinea 7:
Auditor wajib menentukan banyaknya sampel yang cukup untuk mengurangi risiko sampling ke tingkat rendah yang dapat diterima.
            Alinea 8:
Auditor wajib memilih items untuk sampel sedemikian rupa sehingga setiap unit sampel dalam populasi mempunyai peluang untuk dipilih.
            Alinea 9:
Auditor wajib melaksanakan prosedur audit, yang tepat untuk tujuan dimaksud, atas setiap item yang dipilih.
            Alinea 10:
Jika prosedur audit tidak berlaku untuk item yang dipilih, auditor wajib melaksanakan prosedur tersebut pada item lain yang menjadi pengganti.
            Alinea 11:
Jika auditor tidak dapat menerapkan prosedur audit yang dirancangnya, atau tidak dapat menerapkan prosedur alternative yang cocok, pada item yang dipilih, auditor wajib memperlakukan item tersebut sebagai penyimpangan atas pengendalian yang berlaku dalam hal uji pengendalian atau sebagai salah saji dalam hal uji rincian.
            Alinea 12:
Auditor wajib menginvestigasi sifat dan penyebab dari setiap penyimpangan atau salah saji yang diidentifikasi, dan mengevaluasi kemungkinan dampaknya terhadap tujuan dari prosedur audit itu dan terhadap area lain dari audit itu.
            Alinea 13:
Dalam situasi yang sangat jarang ketika auditor mempertimbangkan suatu salah saji atau penyimpangan yang ditemukan dalam sampel sebagai suatu anomaly, auditor wajib memperoleh tingkat kepastian yang tinggi bahwa salah saji atau penyimpangan tersebut tidak mewakili populasinya. Auditor wajib memperoleh tingkat kepastian ini dengan melaksanakan prosedur audit tambahan untuk mendapat bukti audit yang cukup dan tepat bahwa salah saji atau penyimpangan tidak berdampak atas populasi selebihnya.
            Alinea 14:
Untuk uji rincian, auditor wajib memproyeksikan salah saji yang dutemukan dalam sampel kepada seluruh populasi.
            Alinea 15:
Auditor wajib mengevaluasi:
a)      Hasil dari sampel; dan
b)      Apakah penggunaan sampel audit memberikan dasar yang layak untuk menyimpulkan mengenai seluruh populasi yang diuji.

No comments:

Post a Comment